'Persipura Sudah Dapatkan Keputusan Final CAS'

Jakarta - Sekjen KPSI (Komite Penyelamat Sepakbola Indonesia) Hinca Panjaitan menyebut, Persipura Jayapura telah menerima putusan akhir CAS dalam kasus gugatannya ke PSSI. Selain itu CAS juga mengeluarkan beberapa putusan lainnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, pada Rabu (1/2/2012) CAS mengeluarkan putusan sela terkait tuntutan Persipura pada PSSI. Imbas dari putusan sela CAS itu, AFC kemudian mengizinkan Persipura untuk berlaga di Liga Champions Asia.

Dalam surat keputusan yang diberikan AFC kepada pihak PSSI dan Federasi Sepakbola Australia, AFC menuliskan bahwa andai CAS mengeluarkan keputusan yang berbeda dari keputusan selanya dan Persipura dinyatakan bersalah, maka Adelaide United berhak menggantikan 'Tim Mutiara Hitam' di Liga Champions Asia.

"Jika nantinya Persipura didiskualifikasi, terkait keputusan akhir CAS (yang mungkin saja berbeda dari keputusan sela mereka), Adelaide United akan menggantikan Persipura untuk berlaga di babak grup Liga Champions Asia," demikian isi salah satu poin AFC pada surat tersebut.

Namun, menurut Hinca, CAS telah mengeluarkan keputusan final pada tanggal 14 Februari. Isinya pun tak ada perbedaan dengan keputusan sela.

''PSSI kemarin bilang masih bisa berubah, tetapi tanggal 14 CAS sudah mengirim keputusan kepada PSSI, AFC, dan Adelaide,'' tegas Hinca Panjaitan Sekjen KPSI Rabu (15/2/2012) di Senayan Jakarta.

''Putusan ini akan menguatkan putusan sela pada tanggal 1. Tapi, tidak ada respon dari PSSI melebihi 16 hari yang disediakan," lanjutnya.

Putusan yang dikeluarkan CAS antara lain:

1. Menerima gugatan Persipura terhadap AFC, PSSI, dan Adelaide.
2. Persipura berhak main di playoff ACL 2012.
3. Final untuk denda (ganti rugi) akan ditentukan kemudian.

''Kasus sudah selesai, tidak ada berdebatan lagi, jadi Persipura dapat bermain dengan tenang besok,'' tukas Hinca.